Jumat, 06 Oktober 2017

SIM, Fizar Asaparent, Prof.Dr.Ir. Hapzi Ali.MM,CMA, Sumber Daya Komputasi dan Komunikasi, universitas mercubuana, 2017

Sumber Daya Komputasi dan Komunikasi


Pemberdayaan data secara elektronik lebih baik daripada manual karena:

1. Proses penginputan data secara lebih mudah, efektif dan efisien serta lebih cepat, selain itu akurasi dalam pemrosesan juga lebih mudah serta biaya yang lebih murah di bandngkan dengan proses manual. Dengan proses manual akan memakan waktu yang lebih lama dan tidak efektif.

2. Software pesanan lebih mahal daripada software pasaran karena software pesanan mengikuti permintaan pesanan sehingga pembuatannyapun juga semakin lama dan lebih extra terutama dalam mendesain dan menyesuaikan permintaan dan pastinya waktu yang digunakan untuk mengerjakan lebih lama sehingga biaya yang di keluarkan untuk membuat juga mahal. Sedangkan software yang ada dipasaran lebih murah karena software yang dijual trsbut sudah jadi dan penggunanya pun harus menyesuaikan dengan apa yang sudah ada, selain itu software tersebut biasanya sdh bnyak yang menggunakan sehingga harganya lebih murah.

3. Meski secara ejaan internet dan intranet hanya berbeda beberapa huruf saja, namun secara makna, keduanya ternyata memiliki banyak perbedaan. Beberapa ahli telah menelurkan pendapatnya masing-masing terkait makna atau pengertian internet dan intranet dari sudut pandangnya masing-masing. Akan tetapi, secara umum pengertian keduanya adalah sebagai berikut: Internet adalah sebuah teknologi yang mampu menghubungkan semua jaringan komputer di dunia untuk melakukan pertukaran dan akses data. Sedangkan Intranet adalah teknologi yang mampu menghubungkan jaringan komputer di dalam suatu lokal wilayah tertentu seperti ruangan, rumah, perpustakaan, kantor, dan lain sebagainya.

Dari kedua pengertian di atas, tentu sedikit banyak kita telah dapat mengidentifikasi apa saja perbedaan internet dan intranet. Perbedaan keduanya secara sederhana dapat ditunjukkan seperti berikut:

1. Perbedaan Jangkauan Perbedaan internet dan intranet yang paling spesifik terletak pada wilayah yang dapat dijangkau keduanya. Internet menjangkau wilayah yang sangat-sangat luas. Semua orang di seluruh dunia dapat menikmati setiap data yang terdapat di internet tanpa batasan ruang dan waktu. Hal ini tentu berbeda dengan jangkauan teknologi intranet. Intranet hanya menjangkau suatu kawasan lokal yang sempit. Di mana orang-orang yang ingin menjangkaunya juga harus memiliki akses khusus.

2. Perbedaan Perkembangan Perkembangan dan inovasi antara internet dan internet juga berbeda. Teknologi internet berkembang dengan sangat pesat. Jangkauan dan akses yang mudah bagi penggunanya memungkinkan setiap orang dapat menuangkan kreasinya masing-masing ke dalam jaringan ini. Sementara perkembangan intranet sangat lambat dan terbatas. Lingkup jangkauannya yang sempit membuat penambahan dan pembaruan dari setiap konten atau fitur yang ada di dalamnya sangat terbatas dan tidak mungkin bisa menyaingi perkembangan internet.

3. Perbedaan Aksesibilitas atau kemampuan untuk mengakses setiap konten di internet dimiliki oleh semua orang di dunia. Hal ini berbeda dengan aksesibilitas intranet, di mana hanya orang-orang tertentu yang telah diberikan hak dan kewenangan sajalah yang bisa mengakses data-data yang terdapat dalam intranet.


Perbedaan Tingkat Keamanan Perbedaan internet dan intranet juga terdapat pada sisi tingkat keamanannya. Intranet umumnya jauh lebih aman dibandingkan internet. Keamanan intranet yang lebih baik disebabkan karena pembatasan akses yang ada dalam jaringan ini. Pembatasan akses di jaringan intranet membuat peretas akan mengalami kesulitan ketika hendak melakukan perbuatan negatif di dalamnya. atau Novell’s GroupWise.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar