Pengguna
dan Pengembang Sistem dalam Perusahaan
Kantor Maya (Virtual office) adalah
suatu konsep yang mengenalkan pekerjaan kantor yang dilaksanakan secara virtual
dengan jalan membangun suatu link antara pekerja yang satu dengan yang lainya
di tempat yang berbeda unuk menyelesaikan pekerjaan kantor, biasanya link-link
ini saling berhubungan dengan memanfaatkan sitem komunikasi elektrik.
Gagasan
Tentang Kantor Maya
Istilah Kantor Maya pertama kali muncul
karena adanya Otomatisasi (pekerjaan dilakukan secara otomatis) yang berawal
dari lingkungan pabrik, kemudian berkembang ke lingkungan perkantoran yang
dikenal dengan Office Automation.
Awalnya, Office Automation dimaksudkan
untuk membantu pekerja sekretariat dan administratif (clerical), tetapi kemampuannya
untuk memudahkan komunikasi formal dan informasi dengan orang-orang didalam dan
diluar perusahaan menarik para manajer dan profesional sebagai pemakai. Semua
pemakai Office Automation ini menggunakannya untuk meningkatkan produktifitas
mereka.
Perkembangan teknologi komputer yang
semakin pesat dan ukurannya semakin kecil sebagai penyebab munculnya kantor
maya. Kecenderungan orang untuk berpindah-pindah atau sehingga pemanfaatan
sarana telekomunikasi khususnya telepon selular semakin diperlukan. Pemanfaatan
sarana komunikasi dan jaringan internet untuk melakukan hal-hal yang sifatnya
teleprocessing (ATM, e-commerce) tumbuh pesat.
Munculnya kantor maya juga didukung
mahalnya sewa lahan di kota-kota besar mendorong, sehingga orang tidak lagi
harus datang dan bekerja dalam kantor secara fisik, kegiatan kantor dapat
dilakukan di manapun.
Menurut saya kantor online yang ada saat
ini adalah berorientasi pada profit atau bergerak pada kegiatan bisnis online
menurut kecepatan, kecermatan, dan ketelitian yang tinggi sehingga
produktifitas akan meningkat seiring naiknya profit perusahaan.kantor/bisnis
online juga sangat menguntungkan dari segi cost dan dapat menjangkau pelanggan
dari mana saja dan kapan saja.
Otomatisasi
Kantor
Otomatisasi Kantor (Office Automation)
atau OA adalah Penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi formal dan
informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang-orang di
dalam dan di luar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas.
Aplikasi Otomatisasi Kantor
• Pengolahan Kata (word Processing).
Penggunaan alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas-tugas
yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang akan diketik atau dicetak.
contoh: Microsoft Word, Word Perfect,
Open Office, dll
• Surat Elektronik (electronik mail).
Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim, meyimpan
dan menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminal komputer dan alat
penyimpanan. contoh: yahoo mail, google mail , dll.
• Voice Mail. Memerlukan komputer dengan
kemampuan menyimpan pesan audio dalam bentuk digital dan kemudian mengubahnya
kembali menjadi bentuk audio saat dipanggil.
• Kalender Elektronik (electronik
calendaring) Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan mengambil kalender
pertemuan manajer. Manajer atau sekertaris manajer dapat memasukkan
pertemuan-pertemuan, membuat perubahan, meneelaah kalender itu dengan
menggunakan terminal keyboard. Kalender elektronik sangat bermanfaat bagi
manajer tingkat atas yang yang memiliki jadwal pertemuan yang sangat padat.
• Konfrensi Audio Penggunaan peralatan
komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio diantara orang- orang yang
tersebar secara geografis untuk melaksanakan konfrensi. Conference call
merupakan bentuk pertama konfrensi audio yang masih digunakan.
• Konfrensi Video Penggunaan peralatan
televisi untuk menghubungkan para peserta konfrensi yang tersebar secara
geografis. Peralatan tersebut menyediakan hubungan audio dan video.
• Konfrensi Komputer Penggunaan jaringan
komputer untuk memungkinkan para anggota tim pemecah masalah bertukar informasi
mengenai masalah yang akan dipecahkan.
• Transmisi Faximile (facsimile
transmission) Penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca dokumen pada satu
ujung saluran komunikasi dan membuat salinannya diujung yang lain. FAX
berkontribusi pada pemecahan masalah dengan membagikan dokumen kepada para
anggota timpemecah masalah secara mudah dan cepat.
• Videotex Penggunaan komputer untuk
menampilkan pada layar materi narasi dan grafik yang tersimpan.
• Desktop Publishing Penggunaan komputer
untuk menyiapkan output tercetak yang kualitasnya sangat baik. Tampilan layar
persis sama dengan salinan kertas yang akan dihasilkan oleh printer laser.
Saya bekerja di salah satu perusahaan
swasta di Indonesia,dalam menjalankan aktifitas operasional sudah di bantu oleh
system informasi perkantoran ,yaitu diantaranya yang sudah di implementasikan
seperti :
• Pengolahan Kata (word Processing).
Kantor saya dalam menjalankan aktifitas dalam hal membuat laporan selalu di
bantu dengan alat pengolah kata yaitu Microsoft Word, Word Perfect, Open
Office, dll
• Surat Elektronik (electronik mail).
Menggunakan google mail guna mengirimkan berita acara atau hal –hal penting
yang sekiranya perlu di tambahkan lampiran- lampiran.
• Transmisi Faximile (facsimile
transmission) Mesin fax di gunakan untuk membagi informasi seperti istilahnya
surat menyurat dalam berbentuk fisik kertas yang di kirim dari satu sumber ke
sumber lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar