Kamis, 05 Oktober 2017

SIM, Fizar Asaparent, Prof.Dr.Ir. Hapzi Ali.MM,CMA, Pengguna dan Pengembang Sistem Perusahaan, universitas mercubuana, 2017

Pengguna dan Pengembang Sistem dalam Perusahaan

Kantor Maya (Virtual office) adalah suatu konsep yang mengenalkan pekerjaan kantor yang dilaksanakan secara virtual dengan jalan membangun suatu link antara pekerja yang satu dengan yang lainya di tempat yang berbeda unuk menyelesaikan pekerjaan kantor, biasanya link-link ini saling berhubungan dengan memanfaatkan sitem komunikasi elektrik.

Gagasan Tentang Kantor Maya

Istilah Kantor Maya pertama kali muncul karena adanya Otomatisasi (pekerjaan dilakukan secara otomatis) yang berawal dari lingkungan pabrik, kemudian berkembang ke lingkungan perkantoran yang dikenal dengan Office Automation.



Awalnya, Office Automation dimaksudkan untuk membantu pekerja sekretariat dan administratif (clerical), tetapi kemampuannya untuk memudahkan komunikasi formal dan informasi dengan orang-orang didalam dan diluar perusahaan menarik para manajer dan profesional sebagai pemakai. Semua pemakai Office Automation ini menggunakannya untuk meningkatkan produktifitas mereka.

Perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat dan ukurannya semakin kecil sebagai penyebab munculnya kantor maya. Kecenderungan orang untuk berpindah-pindah atau sehingga pemanfaatan sarana telekomunikasi khususnya telepon selular semakin diperlukan. Pemanfaatan sarana komunikasi dan jaringan internet untuk melakukan hal-hal yang sifatnya teleprocessing (ATM, e-commerce) tumbuh pesat.

Munculnya kantor maya juga didukung mahalnya sewa lahan di kota-kota besar mendorong, sehingga orang tidak lagi harus datang dan bekerja dalam kantor secara fisik, kegiatan kantor dapat dilakukan di manapun.

Menurut saya kantor online yang ada saat ini adalah berorientasi pada profit atau bergerak pada kegiatan bisnis online menurut kecepatan, kecermatan, dan ketelitian yang tinggi sehingga produktifitas akan meningkat seiring naiknya profit perusahaan.kantor/bisnis online juga sangat menguntungkan dari segi cost dan dapat menjangkau pelanggan dari mana saja dan kapan saja.

Otomatisasi Kantor

Otomatisasi Kantor (Office Automation) atau OA adalah Penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang-orang di dalam dan di luar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas.


Aplikasi Otomatisasi Kantor

• Pengolahan Kata (word Processing). Penggunaan alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas-tugas yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang akan diketik atau dicetak.
contoh: Microsoft Word, Word Perfect, Open Office, dll

• Surat Elektronik (electronik mail). Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim, meyimpan dan menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminal komputer dan alat penyimpanan. contoh: yahoo mail, google mail , dll.

• Voice Mail. Memerlukan komputer dengan kemampuan menyimpan pesan audio dalam bentuk digital dan kemudian mengubahnya kembali menjadi bentuk audio saat dipanggil.

• Kalender Elektronik (electronik calendaring) Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan mengambil kalender pertemuan manajer. Manajer atau sekertaris manajer dapat memasukkan pertemuan-pertemuan, membuat perubahan, meneelaah kalender itu dengan menggunakan terminal keyboard. Kalender elektronik sangat bermanfaat bagi manajer tingkat atas yang yang memiliki jadwal pertemuan yang sangat padat.

• Konfrensi Audio Penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio diantara orang- orang yang tersebar secara geografis untuk melaksanakan konfrensi. Conference call merupakan bentuk pertama konfrensi audio yang masih digunakan.

• Konfrensi Video Penggunaan peralatan televisi untuk menghubungkan para peserta konfrensi yang tersebar secara geografis. Peralatan tersebut menyediakan hubungan audio dan video.

• Konfrensi Komputer Penggunaan jaringan komputer untuk memungkinkan para anggota tim pemecah masalah bertukar informasi mengenai masalah yang akan dipecahkan.

• Transmisi Faximile (facsimile transmission) Penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca dokumen pada satu ujung saluran komunikasi dan membuat salinannya diujung yang lain. FAX berkontribusi pada pemecahan masalah dengan membagikan dokumen kepada para anggota timpemecah masalah secara mudah dan cepat.

• Videotex Penggunaan komputer untuk menampilkan pada layar materi narasi dan grafik yang tersimpan.

• Desktop Publishing Penggunaan komputer untuk menyiapkan output tercetak yang kualitasnya sangat baik. Tampilan layar persis sama dengan salinan kertas yang akan dihasilkan oleh printer laser.
Saya bekerja di salah satu perusahaan swasta di Indonesia,dalam menjalankan aktifitas operasional sudah di bantu oleh system informasi perkantoran ,yaitu diantaranya yang sudah di implementasikan seperti :

• Pengolahan Kata (word Processing). Kantor saya dalam menjalankan aktifitas dalam hal membuat laporan selalu di bantu dengan alat pengolah kata yaitu Microsoft Word, Word Perfect, Open Office, dll

• Surat Elektronik (electronik mail). Menggunakan google mail guna mengirimkan berita acara atau hal –hal penting yang sekiranya perlu di tambahkan lampiran- lampiran.


• Transmisi Faximile (facsimile transmission) Mesin fax di gunakan untuk membagi informasi seperti istilahnya surat menyurat dalam berbentuk fisik kertas yang di kirim dari satu sumber ke sumber lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar